1. DOHC
Mesin Double Over Head Camshaft disingkat DOHC adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelas dan gampangnya ialah mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang over head. Sehingga mesin tersebut mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot). Dan juga pada mesin jenis ini menggunakan dua noken as yang terletak pada kepala silinder.
2. SOHC
Sedangkan mesin Single Over Head Camshaft disingkat SOHC hanya memiliki satu (single) pasang over head. Dengan kata lain mesin ini memiliki dua klep, satu untuk mengatur masukan bahan bakar dan satu lagi untuk mengatur keluaran gas buang. Dan hanya memiliki satu noken as.
Dari kedua pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa mesin yang menganut sistem DOHC akan mengeluarkan output yang lebih besar dibanding mesin SOHC. Hal ini dikarenakan pasokan bahan bakar yang mengalir ke mesin dan pembuangan sisa pembakaran yang menuju ke knalpot berlangsung lebih akurat.
Bukan hanya mobil yang menganut sistem DOHC, tetapi banyak sepeda motor sekarang pun juga menerapkan sistem ini. Khususnya untuk sepeda motor sport. (Fikri Arief)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar